PERAN GURU DALAM MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DILINGKUNGAN LUAR KELAS

Authors

  • mis Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Pendidikan karakter; Sekolah dasar; Peran guru

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu fondasi utama dalam pembentukan pribadi yang utuh pada peserta didik. Lingkungan luar kelas, sebagai ruang belajar alternatif, membuka peluang besar untuk menanamkan nilai-nilai moral, sosial, dan emosional. Guru memiliki peran strategis sebagai perancang, fasilitator, dan pembimbing dalam aktivitas luar kelas yang mengarah pada penguatan karakter siswa.

Lingkungan luar kelas memberi ruang yang lebih luas untuk mengembangkan nilai-nilai karakter secara kontekstual dan bermakna.

Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas di sekolah dasar yang telah menerapkan pendidikan karakter.

Pendidikan karakter adalah usaha sadar untuk membantu orang memahami, peduli, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai etis inti seperti kejujuran, tanggung jawab, rasa hormat, dan kasih saying (Thomas Lickona). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi untuk menanamkan nilai-nilai karakter, seperti, memberikan contoh, diskusi kelompok, dan refleksi harian. Batas waktu, perbedaan dalam tingkat pemahaman orang tua dan anak, serta kurangnya pelatihan pendidikan karakter adalah beberapa kesulitan yang dihadapi. Dengan melibatkan orang tua dan komunitas sekolah, menggunakan sumber belajar yang terdepan, dan melakukan penilaian yang berkelanjutan terhadap penerapan nilai-nilai karakter dalam pengajaran, pendidik mengambil pendekatan kolaboratif untuk mengatasi masalah ini. Pendidikan karakter dapat diterapkan dengan sukses dan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan karakter siswa di luar kelas dengan strategi yang tepat.

 

References

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Suyanto. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.

Kemendikbud RI. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Panduan Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Musfiroh, T. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 85–95.

Sudrajat, A. (2011). Pendidikan Karakter: Sebuah Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 45–62.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Suyanto. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Panduan Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Musfiroh, T. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 85–95.

Downloads

Published

2025-09-28