PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SDN MUNJUL 1 KECAMATAN MUNJUL PANDEGLANG
Keywords:
Model pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN Munjul 1. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, meskipun siswa menunjukkan antusiasme, keterlibatan aktif mereka masih rendah dengan nilai rata-rata awal 29,62% dan meningkat menjadi 33,33% pada pertemuan kedua. Berdasarkan refleksi, dilakukan perbaikan strategi di siklus II melalui model yang lebih intensif, pemberian penghargaan, dan pendampingan kelompok. Hasilnya, siswa lebih aktif berdiskusi dan presentasi, suasana kelas menjadi kondusif, serta lebih dari 80% siswa mencapai nilai di atas KKTP (65). Diskusi dari temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran TAI secara bertahap dan reflektif mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sistem pernapsan manusia. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran TAI dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V.
References
Ibtidaiyah, S., & Merangin, A. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Pendidikan Nasional.
Nur, A., Syamsuddin, D., & Lestari, M. (2023). Pengintegrasian mata pelajaran IPA dan IPS dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Bandung: Edupress.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surahman, U., Handayani, L., & Prasetyo, Z. K. (2015). Pembelajaran IPA Terpadu: Konsep dan Penerapannya di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
