MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEBUTUHAN PRIMER MANUSIA DENGAN MENGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV SDN 2 PARUNGSARI

Authors

  • Putri Siti Nurputri Tri Utami STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Hasil belajar, Metode ctl, Kebutuhan primer manusia

Abstract

 

 

 Tujuan dari penelitian ini utuk mengetahuai hasil belajar siswa pada mata pelajaraan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi kebutuhan primer manusia dengan menggunakan metode contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Parungsari Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak Banten pada tahun ajaran 2024/2025 dengan jumblah siswa 17. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kemmis and mc. Taggart yang terdiri tiga siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar siswa meperoleh nilai rata-rata prasiklus 40,70, setelah menggunakan metode contextual teaching and learning (CTL) pada siklus I nilai rata-rata menjadi 77,29, pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80 dan pada siklus III meningkat menjadi 86,23 nilai rata-rata yang diperoleh. Peninggkatan ini menunjukan bahwa penerapan metode contextual teaching and learning (CTL) efektif dalam meningkatakan hasil belajar siswa pada materi kebutuhan primer manusia.

 

 

References

Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman: 1–17.

Maulidia, Mala, Agung Dwi, and Bahtiar El. 2025. “Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ).”

Susilowati, Diah. 2023. “Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas.” Khazanah Pendidikan 17(1): 186. doi:10.30595/jkp.v17i1.16091.

Downloads

Published

2025-10-01