STRATEGI PENERAPAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI SEKOLAH
Keywords:
Psikologi Kata, Pendidikan, KedisiplinanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi penerapan psikologi pendidikan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar. Kedisiplinan belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa. Melalui pendekatan psikologi pendidikan, diharapkan dapat ditemukan metode yang efektif untuk memotivasi siswa, mengelola perilaku mereka, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan prinsip-prinsip psikologi pendidikan, seperti pemberian reinforcement positif, pengaturan lingkungan belajar, dan pembentukan kebiasaan baik, dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan di sekolah dasar dan menjadi referensi bagi sekolah-sekolah lain yang menghadapi tantangan serupa.
References
Ansari, E. (1987). Objek dan Metode Ilmu Pengetahuan.
Dr Andi Yurnia Ulfa S, P. (Maret 2020). Psikologi Pendidikan. Sulawesi: Aksara Timur. Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan.
R, P. (1951). Sistematika pendidikan psikologi.
Samuel smith.
Smith, S. (1951). Sistematika pendidikan psikologi.
Suriasumantri, J. S. (1984). Psikologi Pendidikan.
Tadjab. (1994). Psikologi Pendidikan: Suatu Pengantar.
Thontowi, A. (1999). Psikologi pendidikan.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall. Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "what"
and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268 Ormrod, J. E. (2016). Educational Psychology: Developing Learners (9th ed.). Pearson.
Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child. Basic Books.
Rogers, C. R. (1969). Freedom to Learn. Charles E. Merrill Publishing Company.
Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. Macmillan.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Zimmerman, B. J. (2000). Attaining self- regulation: A social cognitive perspective. In
M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of Self-Regulation (pp. 13– 39). Academic Press.
