TRANSFORMASI PERAN GURU PROFESIONAL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI
Keywords:
Guru profesional, globalisasi, kompetensi guru.Abstract
Globalisasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut menjadi profesional yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi peran guru profesional dalam menghadapi tantangan globalisasi serta strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang kuat serta mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan peserta didik di abad 21. Oleh karena itu, penguatan pelatihan berkelanjutan dan dukungan kebijakan pendidikan sangat diperlukan untuk menunjang profesionalisme guru.
References
Hasanah, N., Santoso, B., & Rahmawati, L. (2020). Tantangan dan Peluang Profesi Guru di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 123-135.
Sari, D. P. (2019). Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 45-56.
Putra, A. R., & Dewi, S. (2021). Kompetensi Guru Abad 21: Tantangan dan Strategi Pengembangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 210-222.
Wahyuni, R. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 78-89.7.
