KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA UNTUK ANAK SD
Keywords:
Pendidikan, Peserta Didik, Kesulitan Belajar.Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pendidikan diwujudkan melalui suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan bagi dirinya maupun masyarakat.Secara sederhana dan umum, pendidikan dapat dimaknai sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi bawaan, baik jasmani maupun rohani, sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan. Pendidikan dan kebudayaan hadir secara berdampingan serta saling memajukan.Pendidikan, menjadi sangat penting dalam kehidupan bangsa sehingga banyak ahli berusaha mengkaji dan menyampaikan makna sejati pendidikan dalam kehidupan ini.Sistem pendidikan tidak selalu identik dengan sekolah atau jalur pendidikan formal, melainkan juga mencakup jalur pendidikan di luar sekolah yang dapat diselenggarakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional, serta pengembangan sikap dan kepribadian yang fungsional.
References
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Depdikbud RI.
Rahman BP Abd , Dkk, “PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR UNSUR PENDIDIKAN”, Jurnal Unismuh Thn 2022
Purwaningsih E, Parijo P, Maharianti R “Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (2019)
Suryani, Erma Yulinda. “Kesulitan belajar.” Magistra, no. 73 (2010)
Utami, Ayu Putri. “Kesulitan Belajar: Gangguan Psikologi Pada Siswa dalam Menerima Pelajaran.” ScienceEdu II, no. 2 (2019)
