MENGGALI KOMPETENSI DAN KODE ETIK GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Authors

  • Ratna Nurbaeti, Anisa Sri Wahyuni, Tatu Maesaroh. STKIP SYEKH MANSHUR

Keywords:

Kompetensi Guru. Kode Etik. Pendidikan

Abstract

Dalam dunia Pendidikan, guru profesional merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan saat ini. Guru yang profesional yang di maksud adalah guru yang berkualitas serta berkompetensi dan juga guru yang mampu mempengaruhi proses belajar siswa yang nantinya akan menghasilkan prestasi siswa yang baik. Untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas guru harus mampu menguasai 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Selain itu, guru harus memiliki kode etik yang harus dijalankan oleh guru di Indonesia sebagai pedoman untuk bersikap dan berperilaku dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai pendidik, anggota masyarakat, dan warga negara. Pedoman tersebut diharapkan nantinya bisa membedakan perilaku baik atau buruk seorang guru, memilah-milah mana saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjalankan tugas sebagai seorang pendidik. Kode etik guru sesungguhnya merupakan pedoman yang mengatur hubungan guru dengan teman sejawat, peserta didik, pemimpin, masyarakat, dan dengan misi tugasnya. Jalinan hubungan tersebut dilakukan untuk kepentingan perkembangan siswa secara optimal, secara jelas hubungan itu diatur oleh kode etik. 

References

Bowen, G. A. 2020. Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 20(3), 207-221.

Chali, M. T., Eshete, S. K., & Debela, K. L. 2022. Learning how research design methods work: A review of creswell's research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches.The Qualitative Report, 27(12), 2956-2960. doi:https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.5901.

Cut Fitriani, MA, & Usman, N. 2017. Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2).

Denscombe, M. 2019. The good research guide: For small-scale social research projects. McGraw-Hill Education.

Febriana, R. 2021. Kompetensi Guru. (B. S. Fatmawati, Ed.). Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Jamin, H. 2018. Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. AtTa’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10, 19-36.

Novita, M., & Yulianti, P. 2020. Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional Terhadap Penilaian Kinerja Dosen Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 22 (2), 241-254.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen Bab II pasal 2 ayat 1 dan Bab IV pasal 8 dan 9.

Zola, N., & Mudjiran, M. 2020. Analisis urgensi kompetensi kepribadian guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88-93.

Downloads

Published

2025-10-01