PERAN SELF-EFFICACY DALAM MENINGKATKAN KETEKUNAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Self-efficacy, Ketekunan Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran self-efficacy dalam meningkatkan ketekunan belajar siswa sekolah dasar. Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya menyelesaikan tugas, yang berpengaruh besar terhadap motivasi dan ketekunan dalam belajar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan observasi terhadap lima siswa kelas V dan dua guru wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi menunjukkan semangat belajar yang lebih stabil, tidak mudah menyerah, serta mampu menghadapi kesulitan dengan cara yang positif. Faktor-faktor yang memengaruhi self-efficacy antara lain pengalaman keberhasilan, dukungan guru dan orang tua, serta pengaruh teman sebaya. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan self-efficacy sejak dini berperan penting dalam membentuk ketekunan belajar siswa. Guru dan orang tua memiliki peran strategis dalam menciptakan lingkungan yang mendukung terbentuknya self-efficacy yang sehat pada anak.
References
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy : The Eercise of Control. New York : W.H Freeman.
Fatimah, N. &. (2021). Peran guru dalam menumbuhkan motivasi dan self-efficacy belajar siswa. (1. 5.-5. Jurnal Pendidikan Dasar, Performer)
Handayani, A. &. (2021). Self-efficacy pada siswa SD. (9. 4.-5. Jurnal Psikologi pendidikan, Performer)
Kurniawan, B. F. (2023). Pengaruh self-efficacy terhadap ketekunan belajar siswa sekolah dasar. (1. 8.-9. Jurnal Ilmiah Psikologi Pendidikan, Performer)
Lestari, M. &. (2023). Hubungan antara kepercayaan diri dan ketekunan akademik siswa. (1. 1.-1. Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan, Performer)
Putri, A. &. (2022). Motivasi dan Self-efficacy pada siswa SD. (8. 1.-1. Jurnal Psikodidaktika, Performer)
Rahmawati, L. &. (2020). Peran dukungan sosial dalam pembentukan self-efficacy anak. (6. 2.-3. Jurnal Ilmu Pendidikan & Psikologi, Performer)
Saputri, R. &. (2021). Strategi guru dalam membangun self-efficacy siswa melalui pendekatan pembelajaran aktif. (3. 7.-7. Jurnal Edukasi Anak, Performer).
Wardhani, P. D. (2024). Pengaruh self-efficacy terhadap prestasi akademik siswa disekolah dasar. (1. 5.-6. Psikopedagogia Jurnal Psikologi dan Pendidikan, Performer)
Yuliana, D. &. (2022). Dukungan keluarga dan self-efficacy dalam belajar jarak jauh. (2.-4. Jurnal Psikologi Insight. 4(1), Performer)
