PEMBELAJARAN REMEDIAL SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR
Keywords:
pembelajaran remedial, kesulitan belajar.Abstract
Pembelajaran remedial sering menjadi suatu hal yang menakutkan bagi siswa. Para siswa takut terhadap remedial karena beberapa alasan, diantaranya ialah takut gagal, merasa malu, merasa tidak percaya diri, dan merasa tidak pintar. Pembelajaran remedial dilakukan karena terjadinya kesulitan belajar pada individu siswa. Beberapa kesulitan belajar diantaranya ialah sulit memahami materi pelajaran, sulit fokus atau adanya kesalahan pada gaya mengajar seorang pendidik. Kesulitan belajar yang timbul dapat berdampak pada hasil belajar siswa sehingga perlu melakukan pembelajaran remedial agar dapat membantu siswa memperbaiki kelemahan atau kesalahan dalam belajar serta meningkatkan pemahaman, dan mengembangkan sikap serta kebiasaan belajar yang lebih baik. Sebelum memberikan pembelajaran remedial, terlebih dahulu pendidik perlu mengetahui tahap proses pembelajaran remedial agar pendidik memahami kondisi siswa dan juga mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap suatu materi. Adanya pembelajaran remedial membantu siswa untuk lebih berkembang dan mampu memperoleh nilai yang melebihi KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran).
References
Anggraini, E. S., Wulandari, N., & Panjaitan, R. (2025). Nomor 4 |2025 |Edisi (Vol. 3).
Bahrodin, F. &, Fatmasari, L., & Bahrodin, A. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 3(2).
Cahyono, H. (2019). Jdpp Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti How To Cite (Vol. 7, Issue 1). Http://Journal.Umpo.Ac.Id/Index.Php/Dimensi/Index
Karyanto, U. B. (2011). Strategi Pembelajaran Remedial Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.
Rozak, A., Fathurrochman, I., & Ristianti, D. H. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Journal Of Education And Instruction (Joeai), 1(1), 10–20. Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V1i1.183
Simamora T, H. E. K. N. (2020). Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. 5(2).
Sururiyah, L. (2018). Efektivitas Penerapan Remedial Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Pelajaran. Jurnal Edutech, 4(1).
