ANALISIS MODEL LAYANAN BK DI SD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK
Keywords:
bimbingan dan konseli, sekolah dasar, model layanan BKAbstract
Artikel ini merupakan kajian pustaka yang membahas pendekatan model-model layanan bimbingan dan konseling (BK) di sekolah dasar dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Masa sekolah dasar merupakan tahap penting dalam pembentukan karakter, keterampilan sosial, serta regulasi emosi, sehingga memerlukan intervensi yang tepat melalui layanan BK yang sistematis. Kajian ini mengkaji empat model layanan utama, yaitu layanan dasar, layanan responsif, layanan perencanaan individual, dan dukungan sistem. Masing-masing model memiliki fungsi strategis dalam membantu siswa memahami diri, menyesuaikan diri dengan lingkungan, mengatasi masalah, serta merencanakan masa depan secara sehat dan mandiri. Selain itu, pembahasan mencakup dua pendekatan supervisi dalam pelaksanaan layanan BK, yakni pendekatan direktif dan non-direktif. Pendekatan non-direktif dinilai lebih relevan untuk menciptakan hubungan yang positif antara guru, konselor, dan siswa. Kajian ini menyimpulkan bahwa implementasi model layanan BK yang tepat dan humanis berkontribusi signifikan terhadap perkembangan sosial dan emosional peserta didik di jenjang sekolah dasar.
References
Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya layanan bimbingan konseling di sekolah dasar terhadap perkembangan peserta didik. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 19(02), 106-120.
Sukardi, M. (2020). Penerapan Model Layanan Dasar Bimbingan di Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 5(2), 45–55.
Nurihsan, J. (2019). Layanan dasar dalam bimbingan dan konseling. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 38–42.
Distria, O., Irawan, R. A., Deka, A. T., Yuliarti, N., & Zubaidah, Z. (2024). Implementasi Bimbingan Dan Konseling di SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(1), 38-42.
Kurniawan, F., & Maunah, B. (2022). Pendekatan Supervisi Direktif dalam Pembinaan Guru di Madrasah. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 93-101.
Nisa'Lutfiya, A. K., Maunah, B., & Mutohar, P. M. (2024). IMPLEMENTASI SUPERVISI NON DIREKTIF DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU. SKILLS: Jurnal Riset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 45-56.
