MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Authors

  • Titi Andriyani, Yeni Sulaeman, Tatu Maesaroh, Usep Saepul Mustakim STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Daur Hidup Hewan, Media Audio Visual

Abstract

Artikel ini berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan dengan menggunakan media audio visual di kelas IV SDN Cibitung 1 Kecamatan Munjul. Penelitian yang dipaparkan di artikel ini melibatkan siswa kelas IV SDN Cibitung 1tahun 2023/ 2024. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian ini dilakukan sebanyak III siklus yang diawali pra siklus terlebih dahulu. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus hanya mendapatkan nilai rata-rata 53,95 dengan presentasi ketuntasan 37,5. Pada siklus I nilai rata-rata ada peningkatan menjadi 68,12% dengan presentasi ketutasan 45,83%. Pada siklus II nilai rata-rata ada peningkatan menjadi 70,10 dengan presentasi ketuntasan 58,33%, dan pada siklus III nilai rata-rata menngkat menjadi 75,62 dengan presentasi ketuntasan 87,55%. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daur hidup hewan mata pelajaran IPA. Peran media audio visual sangat efektif dalam pembelajaran daur hidup hewan bagi siswa dan guru.

References

Ab Marisyah1, Firman2, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. 3, 2–3.

Yayan Alpian. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Society, 2(1), 1-19.

Magdalena dkk. (2020) . setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda. 305

Amalia, Lia. 2021. Pengertian Daur Hidup Hewan. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri : Padang Sidimpuan).

Muhammad Djajadi. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Inta

Downloads

Published

2024-10-26