MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI HEMAT ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TEAM ASISTED INDIVIALIZATION) DI KELAS IV SDN MUNJUL 2 KEC. MUNJUL PANDEGLANG

Authors

  • ijuf Mahasiswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS materi hemat energi dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Asisted Indivialization)  pada kelas IV SDN Munjul 2. Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini dilakukan sebanyak III siklus yang diawali denga pra siklus terlebih dahulu. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus hanya mendapatkan nilai rata-rata 44, dengan presentasi ketuntasan 20%, dan pada siklus I ada peningkatan menjadi 53 dengan presentasi ketuntasan 32%, pada siklus II mencapai nilai rata-rata 66, dengan presentasi ketuntasan 50%, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78, dengan presentasi ketuntasan 95%. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Asisted Indivialization)  dapat meningktkan hasil belajar siswa pada materi hemat energi. Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Asisted Indivialization) bisa menjadi alternative yang efektif dalam pembelajaran IPAS materi hemat energi bagi guru.

References

Adb Rahman BP, Dkk. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. 2(1), 1–8.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Katiandagho, E. C., Sasinggala, M., & Dungus, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. SCIENING : Science Learning Journal, 4(1), 82–86. https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.4348

Noor, A. N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI dan TPS) dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang). Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 65–75.

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 7–24.

Sutiari, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 32. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107

Downloads

Published

2025-09-28