MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELLUI MODEL PEMBELAJARAN FASILITATOR SISWA DAN PENJELASAN PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SDN KRAMATMANIK 1 KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN PANDEGLANG

Authors

  • Pani Puji Astuti pani STKIP Syekh Manshur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas IV SDN Kramatmanik 1 melalui model pembelajaran student facilitator dan penjelasan. Adapun metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi) pada 23 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Setelah dilakukan observasi dan tes hasil belajar meningkat signifikan: pra-siklus (rata-rata 46,5 presentase ketuntasan 34,7%), Siklus I (rata-rata 58,3 presentase ketuntasan 56,5%), dan Siklus II (rata-rata 69,5 presentase ketuntasan 82,6%). Aktivitas dan keterlibatan siswa juga meningkat positif. Model fasilitator siswa dan menjelaskan efektif meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, mendorong kemandirian, kerja sama, berpikir kritis, dan komunikasi.

References

Ainun, Ismail, M., & Herianto, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Fasilitator dan Penjelasan serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 5604–5612.

H Susilo, H Chotimah, YS (2022). penelitian tindakan kelas. buku.google.com. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=TApZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=aXkyYR3TNB&sig=3ENdxo0Ln0_yehq4nnWwta3uQNY&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian tindakan kelas&f=false

Nasution, MK (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Ngatyem. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir KritisnSiswa. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://jurnalp4i.com/index.php/action/article/view/637/673

Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas. Khazanah Pendidikan, 17(1), 186. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16091

Ujud, S., Nur, TD, Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, MR (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Downloads

Published

2025-09-28