Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II SDN Munjul 2 Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang Banten
Keywords:
CerpenAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas ii SDN Munjul 2,melalui penggunaan media gambar.penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus,masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkanmelalui observasi aktivitas guru dan siswa,serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan signitifkan dalam kemampuan membaca cerpen siswa,minat baca dan aktivitas pembelajaran. Peningkatan ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal yang meningkat dari Pra-siklus hingga siklus III.
References
Adnyana,K.S.,& Yudaparmita,G.NA(2023).
Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar.Edukasi:JurnalPendidikan Dasar,4(1),61-70.
Alifa,N.,&Setyaningih,N.H.(2020).
Pengaruh Keterampilan menyimak dan membaca cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen.Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,9(2),98-103.
Aziezah,R.K.(2022).
Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.PTK:Jurnal Tindakan Kelas,2(2).94-100.
Kamaluddin,M.I.(2021).
Pengaruh Media Komik terhadap Keterampilan Membaca Cerpen.Jurnal Onoma:Pendidikan,Bahasa,Dan Sastra,7(1),125-131.
