MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEBERAGAMAN LINGKUNGAN MELALUI METODE KARYA WISATA DI KELAS III SDN KADUENGANG KECAMATAN CADASARI KABUPATEN PANDEGLANG
Keywords:
meningkatkan hasil belajar, metode karyawisata, keberagaman lingkunganAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Materi keberagaman lingkungan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PTK. Dengan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan, dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negri Kaduengang. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode karyawisata merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPAS. Dengan menggunakan metode karyawisata maka materi keberagaman lingkungan dan siswa kelas III SDN Kaduengang hasil belajarnya dapat meningkat hal tersebut dapat dilihat dari ketercapaian nilai KKTP siswa dan presentase yang mengalami peningkatan dari siklus I 20%, siklus II 66,66% dan siklus III 100%, jadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata dianggap berhasil.
References
Ashari, N., Saifuddin, S., Lestari, A., Wahyuni, S., Zyaniah, S., Rismayanti, R., & Rahma, M. (2024). Penerapan Metode Eksprimen Sains untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1285–1299. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.656
ATE, C. K. M. (2024). (2024). FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN YANG MEMENGARUHI KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA DI SEKOLAH ADIWIYATA : SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS. 1–39.
Eem sulaemah, D., & Industri, E. R. A. (2024). PENERAPAN METODE KARYAWISATA DALAM PENINGKATANKEMAMPUANMOTORIKANAK USIA 4-6 TAHUN DI RA AL BASYARIYAHTAHUN 2023/2024. 2(1), 15–21.
Fatimatuzzahro, F., Lestari, M. A., Amirah, F. S., Wahyuningsi, W., & Hermawan, T. (2023). Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pandangan HOS Tjokroaminoto. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i1.1817
Jumharis, J., Kamariah, K., & Ali, M. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.61220/ri.vol1iss1.0232
Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.466
Lailan, A. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Anak. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2259–2266. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1058
