MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS CERPEN DENGAN METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS 5 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN TEGAL 1 KECAMATAN CIKEDAL
Keywords:
Metode Brainstorming, Hasil keterampilan siswa dalam menulis cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SDN Tegal 1 Kecamatan Cikedal melalui penerapan metode brainstorming. Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis cerpen siswa masih sangat rendah, ditandai dengan nilai rata-rata hanya sebesar 20 dan tingkat ketuntasan belajar sebesar 0%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah 7 siswa kelas V SDN Tegal 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen pada setiap siklus. Penerapan metode brainstorming terbukti efektif dalam membangkitkan ide, meningkatkan keaktifan, dan kreativitas siswa dalam menulis. Dengan demikian, penggunaan metode brainstorming dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa sekolah dasar.
References
Erma, S. D. (2021). Implementasi Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyatakan Pendapat Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Man 1 Lampung Barat.
Maulina, H., Rohana Hariana Intiana, S., & Guru Sekolah Dasar, P. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486. https://doi.org/10.29303/JIPP.V6I3.276
Paturu’, N. (2023). Implementasi Metode Brainstoming untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas VII SMP Kristen Gandangbatu.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.9498
Purba, S. M., Butarbutar, I., & Silalahi, J. (2023). Implementasi Metode Brainstorming Dengan Teknik Rapid Ideation Dalam Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 35–47. https://doi.org/10.31004/JRPP.V6I4.19378
