MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN MUNJUL 1 KEC. MUNJUL PANDEGLANG

Authors

  • ijuf Mahasiswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks pidato dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw  pada kelas IV SDN Munjul 1. Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini dilakukan sebanyak III siklus yang diawali denga pra siklus terlebih dahulu. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus hanya mendapatkan nilai rata-rata 45, dengan presentasi ketuntasan 20%, dan pada siklus I ada peningkatan menjadi 53 dengan presentasi ketuntasan 34%, pada siklus II mencapai nilai rata-rata 67, dengan presentasi ketuntasan 57%, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77, dengan presentasi ketuntasan 88%. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw  dapat meningktkan hasil belajar siswa pada materi menuli teks pidato. Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw bisa menjadi alternative yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks pidato bagi guru.

References

Adolph, R. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS PIDATO PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL ( PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS IX C SMPN 2 CIAMIS KECAMATAN CIAMIS KABUPATEN CIAMIS. 8(April 2024), 1–23.

Al-falah, Y. M., & Khadijah, I. (2022). Penggunaan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i1.188

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Irmayanti, L. W. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Kuadrat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 1 Margasari Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(5), 439–448. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.8328

Kurniasih, D. A. (2020). Pembiasaan Menulis Buku Harian Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 36–44. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/22940

M. Abrar Putra Kaya Harahap, Adil Rosyadi Hasibuan, Aviva Hanum Siregar, Sabina Khairunnisa, & Nur Hasanah Ramadhani. (2023). Efektivitas Metode Dikte Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 119–128. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1123

Prihatin, P., Slamet, S. Y., & Budiharto, T. (2022). Studi Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Penalaran dengan Keterampilan Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(4), 14–19. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v6i4.60188

Sayekti, M., & Arga, H. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Pidato Pada Siswa Sd Kelas Vi Dengan Menggunakan Pendekatan Proses. Journal of Elementary Education, 03(04), 162–166.

Sejahtra, S. (2021). Penggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2327

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Suprihatin, R., Apriliya, S., & Suryana, Y. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Konten Materi Teks Pidato SD dalam Aplikasi Video Pembelajaran. All rights reserved, 8(2), 469–483. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Ummah, M. S. (2019). ASPEK- ASPEK PENTING DALAM MENULIS. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Y., K., I.G.W, S., & L. D. S., A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Strategi Please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10–17. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39207

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2023). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Downloads

Published

2025-09-28