PENGGUNAAN MEDIA EDUGAMES BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPAS TENTANG SIMBIOSISDI KELAS 3 SDN MANDALAWANGI 1

Authors

  • Mia Rismawati STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Media Edugames Baamboozle, Hasil Belajar, Simbiosis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi simbiosis mahluk hidup dengan menggunakan media edugames baamboozle. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan, dengan model penelitian yang terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDN Mandalawangi 1 yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 19 orang Perempuan dan 11 orang laki-laki dengan tahun ajaran 2024/2025. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal esai. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil pra-siklus memiliki rata-rata 44,5 dengan persentase 13,3%. Sedangkan siklus I hanya memperoleh rata rata 67,1 dengan persentase 40%, hasil pada siklus II dapat memenuhi syarat klasikal suatu kelas dengan rata-rata 82,8 dan persentase 80%. Hasil penelitian bahwa penggunaan media pembelajaran edugames baamboozle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami simbiosis mahluk hidup pada pelajaran IPAS di kelas 3 SDN Mandalawangi 1.

References

Anindita, R. G., & Prasetyo, D. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA KELAS V SDN KEPUH KIRIMAN 1 WARU Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. 5.

Dani, M. N., & Purwandari, D. A. (2024). Baamboozle untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 172 Jakarta Baamboozle to Increase The Activity of Class VIII Students in Social Studies Subjects at SMP Negeri 172 Jakarta. 4084–4087.

Gurning, B. F. (2024). Implementasi Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 245–249.

Kelara, A. A., Makkasau, A., & Learning, E. (2024). Penggunaan Model Experiential Learning Untuk Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sdn Mangkura Ii. 130–135.

Khoiro, D. M., Samsiah, A., & Haryono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 509–520.

Nuraina, A. W., & Taofik, D. B. I. (2022). Efektivitas Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP pada Konsep Ekosistem. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31980/jls.v4i1.1655

Rahayu, H. (2025). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Konkrit di RA An-Nur Desa Berembang Kecamatan Sekernan. 1(1).

Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271

Rosma Purba, Ruth Sahana Manalu, Tirza Grace Simamora, & Meilinda Suriani Harefa. (2023). Interaksi Organisme Terhadap Perubahan Lingkungan: Studi Kasus Dalam Ekologi Hutan. Jurnal Wilayah, Kota Dan Lingkungan Berkelanjutan, 2(2), 100–108. https://doi.org/10.58169/jwikal.v2i2.246

Setyawan, A. S., & Panduwinata, L. F. (2023). Pengaruh Model Group Investigation Berbantuan Edugames Baamboozle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran OTK Kepegawaian di SMKN 1 Jombang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 5960–5968.

Sudiyana, A., Nugraha, R. A., & ... (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Bentuk Energi Melalui Model Cooperative Learning di Kelas III SDN 1 Sankanwangi Lebak Banten. Krakatau …, 99–106. http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/article/view/131

Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788

Yuniar, M., Hermawan, Y., & Roro Suci Nurdianti, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Roar (Read, Observe, Auditory, Review) Berbantukan Media Baamboozle Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. Jurnal Sains Student Research, 1(1), 536–548. https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.193

Downloads

Published

2025-09-28