PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS TENTANG MATERI TOKOH SEJARAH DIKELAS IV SDN PARIGI 3
Keywords:
Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, IPAS, Tokoh Sejarah, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi tokoh sejarah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas IV SDN Parigi 3, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi tokoh sejarah serta rendahnya partisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada prasiklus, rata-rata nilai siswa adalah 49,85 dengan ketuntasan belajar sebesar 17,14%. Setelah penerapan model STAD, hasil belajar meningkat pada siklus I menjadi 58,15 (62,5%), siklus II menjadi 60,97 (79,16%), dan siklus III meningkat signifikan menjadi 76,77 dengan tingkat ketuntasan mencapai 92%. Aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran juga menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa pada materi tokoh sejarah di mata pelajaran IPAS.
References
Yeni, W. M. H. J. I. R. A. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Ainara Journal (Vol. 2, Issue 2). http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj
Hutami, S. S., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Keragaman Budaya Kelas Iv Sd Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1804-1814
Aisah, Siti, Yeni Sulaeman, and Ajeng Muliasari3 Omah Muqarromah. "MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI." Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik 1.1, Desember (2024): 35-41.
Nata, E. (2021). Peningkatan Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division Kelas IV SD Inpres Onekore 6. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 133–146. https://doi.org/10.37478/jpe.v5i2.816
Mulyani, L., Nurjanah, N., & Setiawati, T. (2021). Analisis Kesesuaian Artikel yang Menggunakan Model Pembelajaran STAD Berdasarkan Teori pada Buku Cooperative Learning Karya Robert E. Slavin. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 1(3), 222-231.
Ramadhani, I. M., Rahmawati, H. O., & Al Farizy, F. Z. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 4 PASURUAN. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(3), 902-914.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Junistira, D. D. (2022b). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440
Ridwan, A., Nur Amanah Asdiniah, E., Afriliani, M., & Fadia Nurul Fitri, S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Kompetitif Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(01), 447–459.
Abrori, A. N., Sumadi, C. D., Telang, J. R., Kamal, K., Bangkalan, K., Jawa, P., & Kode, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296–315. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385
Amini, F., Kelana, J. B., & Mugara, R. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1), 38-52.
Rozzy, M. F., Kurniati, & Syarifuddin. (2024). Penerapan Model STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Bahasa Arab pada Siswa Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Bogor. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 4(1), 53–56.
Murthada Murthada, & Seri Mughni Sulubara. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Di SMP IT Muhammadiyah Takengon. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.659
Fatonah, K. (2022). PENCIRIAN TOKOH UTAMA CERITA ANAK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SD CHARACTERISTICS OF CHILD STORIES AND THEIR RELEVANCE TO LITERATURE LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 9–20
Susanto, H., & Purwanta, H. (2022). Analisis Pola Narasi Reflektif Buku Teks Sejarah SMA Untuk Pencapaian Empati Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 6(1), 45–62. https://doi.org/10.30872/yupa.v6i1.1066.
