MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN KADUENGANG KECAMATAN CADASARI KABUPATEN PANDEGLANG

Authors

  • Desti sri Hafit Intani STKIP SYEKH MANSHUR

Keywords:

kemampuan membaca cepat, cerita bergambar, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas v SDN Kaduengang melalui penggunaan media cerita bergambar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam latar penelitian menunjukan rendahnya kemampuan membaca cepat siswa dengan yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurangnya media yang menarik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleks. Hasil penelitian menunjukan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca cepat siswa pada setiap siklus. Pada pra siklus hanya 3,33% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP), meningkat menjadi 20% pada siklus I, 30% pada siklus II, dan 86,66% pada siklus III. Penggunaan media cerita bergambar terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa sekolah dasar

References

Antica Krisnina Maharani, Mudzanatun, & Duwi Nuvitalia. (2023). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Reading Aloud Dengan Media Cerita Bergambar. Janacitta, 6(2), 75–84. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2610

Daria, D. (2022). Disharmonisasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Mata Kuliah Pancasila Sebagai Mata Kuliah Wajib Di Perguruan Tinggi. Jurnal Cahaya Keadilan, 10(1), 13–21. https://doi.org/10.33884/jck.v10i1.5518

Hayati, N., & Fadilah, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Media Cerita Bergambar Siswa Kelas Rendah Mi Darul Ulum Bantaran. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 141–154. https://doi.org/10.52266/el-

Indriani, S. N., Saputra, D. W., & Hayun, M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Kertas Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II-D SDN Pondok Cabe Ilir 01. 373–380.

Mufidah, L. (2020). Urgensi penelitian tindakan kelas dalam memperbaiki praksis pembelajaran. 04, 168–177

Seprina, Y., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Isi Teks Bacaan Materi Cerita Rakyat Menggunakan Teknik Membaca Cepat pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari III Kota Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 156–164. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/599

Mufidah, L. (2020). Urgensi penelitian tindakan kelas.

Downloads

Published

2025-09-28