Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Tema Tumbuhan Sumber Kehidupan Di Bumi Kelas Iv Sdn Pagadungan 1
Keywords:
Problem Based Learning, IPAS, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) tema “Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi” dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN Pagadungan 1 kelas IV dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar meningkat dari 10% pada prasiklus menjadi 20% di siklus I, 50% di siklus II, dan 93% di siklus III. PBL mendorong siswa untuk berpikir kritis, aktif, dan bekerja sama dalam pemecahan masalah yang kontekstual. Temuan ini membuktikan bahwa model PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Putri Utami, L. P. S. D., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Muatan Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.35577
Siadari, V. A. D., Nurfaizah, N., & Reski, D. P. (2022). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Melalui Model Problem Based Learning. Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 915. https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.29703
